Memperingati hari sumpah pemuda bertepatan pada hari Jum’at, 28 Oktober 2022 Madrasah Aliyah Tahfizul Qur’an Istiqomah Sambas bersama SMP Istiqomah Sambas Boarding School melaksanakan upacara bendera dengan selaku pembina upacara Kepala Madrasah Aliyah Tahfizul Qur’an Istiqomah Sambas ustadz Maftukhin, S.Pd serta untuk petugas upacara diamanahkan kepada kelas 11 MIPA MA Tahfizul Qur’an Istiqomah Sambas Purbalingga.


Dalam amanat pembina upacara beliau menyampaikan tentang historis Sumpah Pemuda yang dilakukan oleh para Pemuda Bangsa. Namun, di masa sekarang bukan sekedar seremonial semata karena seharusnya dengan peringatan sumpah pemuda ini sebagai pemuda hendaknya bisa memberi kemanfaatan yang luas bagi orang yang terdekat hingga bagi bangsa ini.


Beliau juga menyitir tentang definisi pemuda itu sendiri secara etimologi maupun terminologi. Secara terminologi pemuda adalah orang yang memiliki semangat yang berkobar dalam belajar, beramal, berkarya dan berjuang secara aktif dan produktif. Tak luput beliau juga menyatakan sebuah kata mutiara;
ليس الفتى من يقول كان أبي
ولكن الفتى من يقول ها أنا ذا
“bukanlah pemuda (yang) berucap inilah bapakku, akan tetapi seorang (yang) berucap inilah aku”.

Leave a Comment