Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an (MATIQ) Istiqomah Sambas Purbalingga merupakan salah satu unit pendidikan yang didirikan oleh Yayasan Istiqomah Sambas Purbalingga. Yayasan ini membawahi beberapa unit pendidikan, di antaranya PAUD Istiqomah Sambas Purbalingga, PAUD Serambi Purwokerto, MI Istiqomah Sambas Purbalingga, SMP Istiqomah Sambas Purbalingga dan Ma’had ‘Aly Tahfizhul Qur’an El-Shuchary Purbalingga.

MATIQ Istiqomah Sambas adalah madrasah yang bertujuan untuk mencetak para huffazh (penghafal Al Qur’an) dan memebekali peserta didiknya dengan ilmu agama yang bersumber dari Al QUr’an dan Assunnah sesuai pemahaman salafushsholih, Bahasa Arab serta tsaqofah Islamiyyah. Jurusan yang buka adalah program IPA. Kemampuan Ilmu Agama dan Bahasa Arab mengarahkan bagi pesrta didik yang ingin melanjutkan studi ke unversitas-universitas luar negeri ( Timur Tengah), pembekalan IPA mengarahkan peserta bagi didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi umum.

Madrasah ini dikelola dengan sistem boarding (asrama) menempuh waktu pendidikan selama 4 tahun, yaitu satu tahun pertama untuk program takhassus, di mana peserta didik dibekali dengan tahsin qiro’ah Qur’an, tahfizh Al Qur’an dan Bahasa Arab, dengan target dalam satu tahun pertama peserta didik mampu berbahasa Arab aktif dan hafal 10 juz. Peserta didik MATIQ Istiqomah Sambas akan dididik dan oleh para ustadz yang mempunyai kompetensi dalam pemahaman Al Qur’an dan Ilmu agama, serta ilmu pengetahuan umum. Dengan lingkungan belajar yang kondusif dan pengaturan jadwal kegiatan yang tepat, peserta didik akan dapat menjalankan aktivitas ibadah dan belajar dengan maksimal.

Alamat MATIQ Istiqomah Sambas Purbalingga di Jl. Kopral Tanwir, Purbalingga Lor, Purbalingga, Jawa Tengah

email: Matiqistiqomahsambas@yahoo.co.id

 

 

Leave a Comment