“…..maka berlomba-lombalah kamu dalam berbuat kebaikan”
(QS. Al-Baqoroh: 148)
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi
ilmu pengetahuan beberapa derajat
(QS. Al-Mujadalah : 11)

                  Dari Abdullah bin Mas‟ud r.a. Nabi Muhamad pernah bersabda : ”Janganlah ingin  seperti orang lain, kecualiseperti dua orang ini. Pertama orang yang diberi Allah kekayaan berlimpah dan ia membelanjakannya secara benar, kedua orang yang diberi Allah al- Hikmah dan ia berprilaku sesuai dengannya dan mengajarkannya kepada orang lain (HR Bukhari). Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan. Era kompetisi global  melahirkan tantangan pada berbagai aspek kehidupan umat manusia, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pendidikan pada era ini harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia berkarakter kuat, jujur, kokoh, tahan uji, kompetitif, serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya. Realisasi pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir logis,kritis, sistematis, dan kreatif merupakan hal mutlak untuk dimiliki setiap peserta didik dalam menghadapi tantangan di era kompetisi global.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terusmencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, diharapkansetiap siswa madrasah/sekolah mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEKyang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2017 tinggkat Kabupaten Purbalingga dilaksanakan pada tanggal 25 April 2017 yang bertempatkan di MATIQ Istiqomah Sambas Purbalingga. Peserta Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri / Swasta se-Purbalingga. Pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2017 Allhamdulillah Siswa MATIQ Istiqomah Sambas Purbalingga memperoleh Prestasi diantaranya:

  1. Juara 2 Cabang Matematika
  2. Juara 2 Cabang Geografi
  3. Juara 3 Cabang Kimia
  4. Juara 3 Cabang Biologi

Kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, kokoh, tahan uji dan memiliki kemampuan yang handal dibidangnya dan mampu berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari- hari. Pada kegiatan ini juga peserta dilatih dan dibiasakan untuk selalu  meningkatkan daya nalar,kreativitas dan berpikir kritis serta mampu mengaplikasikannya dalam setiap langkah pengembangan ke depan. Oleh karena itu, Kompetisi Sains Madrasah merupakan salah satu wadah strategis untuk merealisasikan paradigma pendidikan di atas.

Leave a Comment