Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) merupakan salah satu agenda bagi calon siswa baru dalam upaya mengenal lingkungan madrasah. Dalam kegiatan MATSAMA ini para santri dengan segala kondisi riil sekolah diperkenalkan baik dari segi peraturan asrama, tata tertib, cara belajar, bertatakrama, berdisiplin, mentaati norma-norma agama dan lain-lainnya. Mengingat siswa baru yang secara psikologis merupakan remaja yang sedang memasuki masa pubertas dan sangat rentan dipengaruhi oleh lingkungannya.

Bersamaan dengan itu, diperkenalkannya norma-norma agama dan segala bentuk disiplin yang ada setidaknya para siswa telah memiliki pengetahuan bagaimana mereka menyikapi hidup di MA Tahfizul Qur’an Istiqomah Sambas Purbalingga yang merupakan madrasah sekaligus pesantren (Boarding School)  dengan dibekali ilmu yang berhubungan bagaimana cara dan upaya untuk mencegah dan meminimalisir hal-hal yang dapat merusak moral dikemudian hari.

Tujuan diadakannya kegiatan Masa Ta’aaruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MA Tahfizul Qur’an Istiqomah Sambas Purbalingga adalah sebagai berikut:

  1. Mempererat rasa ukhuwah antar siswa.
  2. Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan antar siswa.
  3. Menumbuhkan rasa saling membutuhkan antar siswa.
  4. Menciptakan kehidupan yang harmonis antar siswa.
  5. Mengenal dan memahami program dan lingkungan madrasah dengan baik.
  6. Memahami segala peraturan dan tata tertib madrasah dengan baik.

Leave a Comment