Purbalingga, 24 Oktober 2022

Dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad ﷺ dan Hari Santri pada tanggal 24 Oktober 2022, Madrasah Aliyah Istiqomah Sambas bekerjasama dengan SMP Istiqomah Sambas Boarding School mengadakan Pengajian Akbar dengan tema “Dengan Semangat Maulid Nabi Muhammad ﷺ Jadikan Nabi Sebagai Idola Santri” dan selaku pengisi Pengajian Akbar Al-Ustadz Al-Habib Zainal Abidin bin Umar Al-‘Atthash, Kalimanah, Purbalingga. Pengajian Maulid Nabi diawali dengan penampilan hadrah santri MATIQ putra kemudian dilanjutkan dengan Sima’an Khataman Al-Qur’an 30 Juz bil ghaib oleh para santri MATIQ putra yang sudah dimulai dari sejak hari ahad, 23 Oktober dan ditutup dengan do’a khatmil Al-Qur’an oleh Al-Ustadz Thaha Husain, Al-Hafizh. Dalam kesempatan tersebut memberikan sambutan Direktur Yayasan Pendidikan Istiqomah Sambas bapak H. Ikhwandi Arifin, S.Ag., M.Pd.

Dalam sambutannya bapak H. Ikhwandi Arifin, S.Ag.,M.Pd. menyampaikan; tidak hanya sekedar seremonial dalam momentum Maulid Nabi namun seyogyanya kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari sang inspirator dunia seperti yang tertuang dalam bukunya Syekh Dr. ‘Aidh Al-Qarni ‘Mulhimul Alam‘ atau dalam buku terjemahannya ‘Muhammad Sang Inspirator Dunia‘.

Al-Ustadz Al-Habib Zainal Abidin bin Umar Al-‘Atthash dalam tausyiahnya menyampaikan tentang bagaimana para sahabat memuliakan Nabi , seperti halnya mereka berebutan air bekas wudhunya nabi . Tak luput beliau menyitir sebuah ayat surah Asy-Syarh : 4 ;

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

dan Kami tinggikan sebutan (nama)mu bagimu

dalam ayat ini bahwa Allah ta’ala menyanjung Nabi dengan mengangkat nama beliau tinggi diatas yang lainnya, sampai-sampai keringat beliau sangat harum dibandingkan dengan orang biasa. Nabi ketika bicara sangat sedikit namun sangat bermakna dan berbobot, ini tidak pernah dimiliki oleh para nabi sebelumnya, oleh karenanya dimana pun berada nama Nabi akan selalu diatas segalanya. Sehingga selayaknya kita sebagai ummatnya dapat meneladani jejak perjuangan beliau dalam kancah kehidupan yang akan datang.

Leave a Comment